Politeknik Negeri Padang & SMKN 1 Balikpapan Boyong Juara Umum Kompetisi Keahlian Teknik Alat Berat Trakindo 2022

Politeknik Negeri Padang & SMKN 1 Balikpapan Boyong Juara Umum Kompetisi Keahlian Teknik Alat Berat Trakindo 2022

 

PNP News. SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil menyabet Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022 yang digelar oleh PT Trakindo Utama, perusahaan penyalur (dealer) resmi alat-alat berat produk Caterpillar, sebuah perusahaan produsen alat berat terkemuka asal Amerika, selama sepekan penuh, 3-8 Oktober 2022.

 

Dalam sambutannya, Sariyadi, S.T., M.B.A, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI merinci, K3TAB 2022 diikuti oleh 14 institusi pendidikan teknik alat berat (lebih banyak dari tahun sebelumnya). Peserta dari SMK adalah SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 6 Samarinda, SMKN 1 Mimika dan SMKN 3 Sorong. Peserta dari tingkat Politeknik adalah Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.  Tim K3TAB 2022 dari Prodi Teknik Alat Berat PNP terdiri dari Irpan Maulana, Bagus Susandi, dan Mochammad Forgi Prayoga. Mereka didampingi oleh Dosen, Nofriyandi. R, S.Pd., M.T.

 

 

Menyusul Juara Umum Politeknik Negeri Padang adalah Politeknik Negeri Banjarmasin (Runner Up), Politeknik Negeri Banjarmasin (Presentasi Inovasi), Politeknik Negeri Banjarmasin (Pengetahuan Teknik), dan Politeknik Negeri Padang (Keterampilan Teknik).

Di tingkat SMK, menyusul Juara Umum SMKN 1 Balikpapan adalah SMKN 1 Singosari (Runner Up), SMKN 2 Dumai (Presentasi Inovasi), SMKN 1 Balikpapan (Pengetahuan Teknik), dan SMKN 1 Balikpapan (Keterampilan Teknik).

Kemendikbudristek berterima kasih kepada Trakindo yang telah memberikan dukungan kepada pendidikan vokasi dan atas jerih payah kerja keras seluruh tenaga pengajar, kepala sekolah, direktur politeknik, siswa dan mahasiswa peserta. Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, siswa dan mahasiswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ungkap Sariyadi optimis.

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini menurutnya adalah bagian dari Program Kerjasama Pendidikan (Co-op) Trakindo sejak 2008. K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan untuk berpartisipasi meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik peserta didik, sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan upaya meningkatkan kualitas lulusan jurusan Teknik Alat Berat.

Di sisi lain, Bari Hamami, President Director PT Trakindo Utama menilai, institusi pendidikan yang berkolaborasi dengan Trakindo pada K3TAB pada 2022 konsisten memberikan contoh nyata kepada masyarakat. Selanjutnya, ia mengajak setiap institusi bersama-sama meningkatkan hasil kolaborasi dengan inovasi bermanfaat dan solusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan dinamis perkembangan zaman.

 

 

Dosen senior Jurusan Teknik Mesin, Ir. H. Rusmadi, M.S., Ph.D. melaporkan, Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.T., S.S.T., M.Kom. bangga dengan hasil capaian mahasiswa Program Studi Teknik Alat Berat tersebut. Prestasi tersebut menurutnya tak lepas dari hasil perjuangan dan dukungan doa civitas akademika yang diridhoi Allah SWT. Di sisi lain, Tim TAB dinilai sebagai tim yang solid, disiplin, smart, dan tangguh dalam mencetak prestasi dan reputasi. Diharapkan prestasi ini juga diikuti oleh mahasiswa program studi lainnya, terang Rusmadi yang baru saja usai melakukan pendampingan bagi SMK PK Muhammadiyah, Sungai Bahar, Jambi tersebut.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis/rel